Jumat, 02 Agustus 2019

6 Tips Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat



halo teman-teman :D

kalian pasti pernah bertanya-tanya, apa sih gaya hidup yang sehat itu?

jadi gini gan... gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang mengutamakan kesehatan, baik dalam fisik/raga, mental/jiwa, dan lingkungan sekitar. tidak hanya itu gan, yang namanya gaya hidup sehat pasti harus teratur, mulai dari jadwal makan, tidur, hingga mandi. yaa.. namanya juga gaya hidup. pasti seluruh aspek kehidupan harus diperhatikan :D

nah kali ini aku mau bagi-bagi tips nih, cara menjalankan kehidupan yang sehat itu seperti apa sih?
berikut ulasannya :



raga/fisik

Olahraga

olahraga sangat penting lho gan, bahkan banyak yang bilang kalau olahraga itu minimal 3-4 kali seminggu. beberapa manfaat yang diperoleh jika kita berolahraaga secara rutin diantaranya
meningkatkan daya tahan tubuh, tidak mudah terserang penyakit, menjaga berat badan, membangun otot agar tubuh tidak kaku.


source: liputan6.com

Makanan

makan adalah hal yang wajib bagi kita. karena jika tidak makan, tubuh akan kekurangan nutrisi.
permasalahannya adalah menu makanan yang sehat. terkadang dari kita sendiri memilih menu makanan yang enak tetapi tidak sehat. makanan yang sehat sendiri tidak harus 4 sehat 5 sempurna, tetapi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi kita. kebersihan makanan dan tempat makan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. pola makan mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam harus diperhatikan, terutama sarapan. dan satu lagi, kalau makan jangan berlebihan yaa..


source: factordaily.com

Jam Tidur

tidur merupakan kebutuhan hidup. menurut penelitian, jam tidur total manusia minimal 8 jam sehari. tidur siang juga dihitung dan sangat direkomendasikan. tidur yang cukup bisa memulihkan tenaga setelah beraktivitas seharian. jadi jangan anggap remeh tidur..


mental/jiwa

Ibadah

ibadah bukan sekedar kewajiban, melainkan kebutuhan yang harus di penuhi. beribadah mampu membuat pikiran menjadi tenang, membantu berpikir jernih, membuat hati damai, dan membantu mengontrol emosi. so guys, tunggu apalagi? yuk beribadah :) agar selalu dalam lindungan Tuhan yang maha Esa.


source: ruangtanya.com



Cinta

cinta didefinisikan sebagai perasaan kasih sayang, entah cinta barang kesayangan, orang lain, atau hewan. cinta dapat membawa hal yang positif bagi kesehatan. hormon  oksitosin dapat mempengaruhi kesehatan, jika dalam kadar tinggi dapat membuat diri sendiri merasa bahagia dalam berhubungan sosial. hormon dopamin juga dapat membuat kita bahagia dan terhindar dari stress.


source: tribunnews.com


Lingkungan Sosial

lingkungan sosial adalah tempat dimana kita saling bersosialisasi, tidak heran jika lingkungan sosial mempengaruhi gaya hidup anda. oleh karena itu pilih lah lingkungan sosial yang sehat.
source : facebook





nah, itu dia gan tips melakukan gaya hidup sehat. semoga bermanfaat dan sehat selalu :D







Tidak ada komentar:

Posting Komentar